fbpx

Perkembangan zaman membawa banyak pengaruh besar di pelbagai sektor, tak terkecuali mode pakaian. Meskipun trend pakaian sering berputar dari waktu ke waktu, namun metode pembuatannya berubah semakin canggih dan tentunya memiliki hasil lebih optimal.

Kini, pemilihan warna semakin bervariasi dan tidak didedikasikan khusus bagi gender tertentu. Baik pria maupun wanita, semua bisa menggunakan warna pakaian apapun untuk mengekspresikan pribadi mereka dalam balutan kaos sablon digital. 

Penggunaan tinta warna-warni pada kaos sablon satuan, banyak digemari karena menghasilkan desain tegas dan terang. Setiap warna tinta sablon dianggap generasi Z sebagai media ekspresif untuk menunjukkan pribadi mereka yang dinamis dan nyentrik.  

Mengenal Kaos, Si Pakaian Ternyaman

Mengapa kaos menjadi pakaian paling banyak digunakan?

Tidak dapat dipungkiri jika penggunaan kaos melebihi jenis pakaian apapun. Hal itu disebabkan oleh bahan katun pada pakaian kaos yang sangat multifungsi dengan banyak manfaat berikut ini:

Pakaian santai

Kaos digunakan sehari-hari dalam suasana santai. Anda tentu tidak memerlukan pakaian berlapis-lapis seperti pada zaman kerjaan, bukan? bayangkan saja betapa tersiksanya badan saat ingin melakukan aktivitas di rumah.

Pakaian olahraga

Beragam aktivitas di era saat ini, membuat banyak orang harus menggunakan pakaian senyaman mungkin agar tidak mengganggu produktivitas. Sama halnya dengan berolahraga, tubuh membutuhkan ruang gerak besar dan kaos menjadi pilihan paling tepat memberikan kenyamanan tersebut.

Pakaian seragam

Berkat nilai kenyamanan yang unggul dibandingkan jenis pakaian lainnya, pakaian seragam pun banyak memanfaatkan kaos sablon satuan. Tujuannya masih sama seperti penggunaan kaos, yakni pergerakan tubuh semakin leluasa melakukan banyak aktivitas. Bahan katun mampu menyerap keringat dengan baik, sehingga dapat digunakan dalam aktivitas apapun tanpa mengganggu performa gerak tubuh.

Pakaian souvenir  

Menariknya, kaos kini menjadi pakaian souvenir. Selain terlihat lebih pantas diberikan, pun memiliki nilai guna tinggi dan pasti dikenakan oleh siapapun yang mendapatkannya. Berbicara soal harga sablon kaos satuan, tenu jauh lebih lebih murah dibandingkan kain sejenis sutera. Hal tersebut menjadi alasan penting lainnya untuk mempertimbangkan kaos sebagai souvenir.

Warna Pilihan Tinta Kaos sablon digital

Berkat ragam manfaat yang diberikan dari pemakaian kaos, pemilihan warna pun kian bervariasi. Berikut beberapa jenis warna bahan cetak kaos yang paling diminati kaum milenial hingga Gen Z sebagai warna kaos sablon satuan mereka:

1. Warna Hitam

Diurutan pertama ada warna hitam, warna primadona semua gender dan usia, tak terkecuali. Kaos dengan tinta berwarna hitam dianggap lebih general dan cocok dikenakan dalam suasana apapun.

Para lelaki tentu lebih mendominasi penggunaanya karena mencerminkan sisi maskulin. Pemakaian tinta hitam sebaiknya menggunakan dasaran kaos dengan warna terang agar keindahan desain dapat terlihat tegas bagi siapapun yang melihatnya.

Kaos bersablon hitam sangat mudah ditemui dan didapatkan, banyak anak muda gemar menggunakan kaos jenis ini.

2. Warna Putih

Diposisi kedua ditempati oleh warna putih. Telah diketahui sejak lama jika warna hitam dan putih dianggap warna kontras dengan makna berlawanan. Banyak para tetua mengganggap putih sebagai warna yang mengisyaratkan makna kesucian dan kebaikan.

Namun, dibalik kisah kedua warna tersebut, hingga kini tidak ada yang dapat membatasi seseorang untuk memilih warna kesukaan mereka. Karena pada dasarnya semua warna memiliki makna baik.

Tinta putih banyak dipilih karena alasan fleksibel dan cocok dijadikan pemanis gambar kaos sablon digital berwarna gelap, seperti hitam, cokelat tua, abu-abu tua dan lainnya.

3. Warna Abu-Abu

Selanjutnya ialah tinta warna abu-abu, cocok bagi seseorang yang tidak terlalu menyukai warna putih namun juga tidak ingin warna sablon terlalu gelap. Efek glossy pada sablon warna abu-abu lebih terpancar jika disematkan di atas kaos berwarna gelap.

Tinta abu-abu menjadi semakin tepat jika Anda ingin lebih menyorot desain sablon dengan ketegasan warna dan efek.

4. Warna Kuning-Emas

Bosan dengan tinta sablon warna-warna dasar? warna kuning-emas bisa menjadi pilihan tepat untuk bereksperimen dengan desain sablon kaos yang Anda inginkan.

Tinta warna kuning-emas menjadi semakin tepat jika Anda ingin lebih menyorot desain sablon dengan ketegasan warna dan efek mengkilap. Tinta warna kuning-emas menjadi trend sablon kaos yang banyak dipilih kaum milenial dan Gen Z.

5. Warna Biru   

Tinta sablon kaos menarik selanjutnya ialah warna biru. Semakin beragamnya desain sablon kaos, tak pelak membutuhkan banyak corak warna digunakan untuk menciptakan desain hidup nan estetik pada kaos.

Warna biru akhir-akhir ini juga dipilih kaum muda dalam mengekspresikan diri lewat kaos dengan harga kaos sablon satuan yang sangat terjangkau.

Teknik Sablon Kaos

Setelah memahami ragam manfaat dan warna tinta sablon yang paling banyak diminati kaum muda, selanjutnya pahami teknik sablon kaos, di bawah ini:

1. Teknik Sablon Kaos DTG

Direct to Garment atau disingkat DTG merupakan teknik sablon menggunakan mesin DTG layaknya printing kertas dengan mesin printer. Kaos polos akan dimasukkan ke dalam mesin DTG, kemudian mesin diprogram lewat komputer dan memasukkan perintah cetak untuk diproses. Kaos sablon digital DTG banyak digunakan pada pembuatan kaos satuan dengan printer DTG RIECAT.

2. Teknik Sablon Kaos Sublimation 

Teknik sublimasi (sublimation) ialah teknik sablon melalui transfer paper yang telah dicetak pada printer menggunakan tintan sublim. Proses transfer atau pemindahan menggunakan mesin press khusus untuk menekan kaos, kemudian tinta menempel di atas kaos dengan sempurna. Umumnya teknik ini diperuntukkan bagi kaos berwarna cerah.

3. Teknik Sablon Kaos DTF

Digital Transfer Film disingkat DTF merupakan teknik sablon kaos tinta khusus menggunakan proses transfer desain kertas film. Dalam istilah industri sablon kaos, DTF sering dianggap teknik sablon tepung.

Mengapa? seperti namanya, teknik DFT memanfaatkan bubuk lem sablon untuk merekatkan gambar ke atas material kaos sablon satuan dengan press suhu sekitar 16 derajat celcius dan dilakukan selama 10 detik. Sehingga mesin printer DTF (Direct TO Film) yang Anda gunakan pada format besar, akan menghasilkan kualitas lebih baik.

Dengan begitu, dapat disimpulkan jika teknik sablon DTF menjadi teknik paling banyak diminati berkat performanya menghasilkan desain tegas dan indah di atas material kaos, bahkan dalam format besar sekalipun.

Desain sablon berkualitas tentu menambah daya tarik konsumen, bukan? Generasi Z semakin cerdas dan mahir membandingkan kualitas sablon kaos secara visual. Peluang bisnis dapat Anda temukan dengan mencari tempat produksi sablon kaos satuan terdekat.

Salah satu tempat produksi kaos sablon satuan terbaik ada di Abyad apparel pro. Rumah produksi penyedia jasa dan produk pakaian tersebut, menyediakan jasa printing, produk polosan kaos, sweater dan hoodie berbahan premium dan terstandarisasi. Abyad apparel pro menghadirkan solusi jasa print DTF makloon dengan harga lebih murah. Jadi, tunggu apalagi? Manfaatkan peluang kaos sablon digital satuan sekarang juga!