fbpx

Pakaian berjenis kaos menyiratkan makna santai dan sederhana. Dari berbagai kalangan hingga usia, memilih kaos sebagai pakaian nyaman digunakan sehari-hari. Dengan melesatnya permintaan pasar terhadap kaos, terciptalah inovasi sablon satuan kaos digital.

Keindahan desain sablon kaos digital menjadikannya peluang bisnis kekinian. Tinta yang digunakan sebagai bahan utama sablon semakin variatif, tidak melulu warna dasar seperti cokelat, abu-abu, putih dan hitam. Banyak warna cerah tinta sablon yang mulai disematkan di atas material kaos polos.

Keindahan kaos sablon warna-warni dengan hasil cetakan sempurna, menjadi pertimbangan konsumen untuk membeli bahkan mengoleksinya.

Macam Teknik Sablon Satan Kaos Digital

Sablon kaos rupanya memiliki bermacam teknik, umumnya dilakukan secara digital menggunakan mesin printing, berikut ulasan selengkapnya:

1. Teknik Sablon Kaos Heat Press Printing

Teknik satu ini serupa dengan teknik sablon sublimasi, yakni menggunakan transfer paper yang telah dicetak dengan tinta sublim, kemudian di press pada material kaos. Perbedaanya terletak pada jenis warna kaos yang digunakan. Heat Press Printing dapat digunakan pada penyablonan kaos berwarna cerah dan gelap. Proses pencetakan menggunakan kertas khusus heat press.

2. Teknik Sablon Kaos DTG

DTG atau Direct/Digital to Garment merupakan teknik sablon kaos digital printing, menggunakan printer desain khusus untuk melakukan penyablonan diatas material garment (kain). Tinta yang digunakan khusus, tujuannya agar hasil sablon lebih awet dan tidak mudah mengelupas.

Berbeda dengan jenis transfer paper, DTG menghasilkan warna lebih colorfull seperti warna kuning, merah, hingga warna biru langit, persis seperti gambar permintaan customer. Sablon jenis DTG sangat mempermudah Anda yang hendak mempunyai bisnis kaos dengan budget terbatas.

3. Teknik Penyablonan Kaos DTF

Tidak kalah menarik dari jenis sablon kaos Direct/Digital to Garment (DTG), teknik penyablonan kaos DTF atau Digital Transfer Film menggunakan tinta khusus sebagai proses transfer gambar. Perekat yang digunakan menggunakan bantuan lem powder atau biubuk lem. Sablon kaos DTF cocok untuk material tahan panas, seperti kaos cotton bamboo, combed, cotton jepang, kanvas, polyester, sweater dan lainnya.

Teknik sablon DTF memiliki banyak keuntungan dibandingkan teknik sablon lainnya, seperti kekuatan hasil penyablonan kuat, tidak retak, warna lebih solid dan cocok untuk logo-logo kecil.

Perbedaan Teknik Sablon DTG dan DTF

Sering dibandingkan karena sama-sama memiliki keunggulan lebih pada hasil sablon kaos, berikut beberapa perbedaan diantara kedua teknik sablon tersebut:

1. Beda Ukuran Bahan dan Mesin Digital

Mesin digital yang digunakan sablon kaos DTF yakni printer riecat alfa, seperti EPSON L1800. Mesin printer tersebut lebih hemat bahan berkat kemampuan mencetak secara online menggunakan ukuran kertas roll to roll/lembaran kertas A3.

Sedangkan sablon DTG membutuhkan mesin printer DTG riecat, seperti New Era Gen2, DTG Super dan Seri DX. Ukuran yang digunakan A5, A4 dan A3, jika Anda mencetak kaos dapat menggunakan printer DTG Super. Seri DX dan New Era Gen2 untuk print jenis kaos panjang, sepatu, topi dan tote bag.

2. Beda Teknik Cetak

Berdasarkan teknik cetak, sablon DTF mengguanakn kertas film berwujud lembaran roll to roll, kemudian ditaburi bubuk lem, dilelehkan dengan hot gun atau oven, lalu di press menggunakan mesin di atas material kaos.

Teknik sablon DTG melakukan treatment pada awal sebelaum penyablonan, tujuannya agar desain dapat menempel ke pori-pori kaos. Jika telah menempel sempurna, dapat dilakukan proses printing, kemudian dikeringkan dengan hot gun agar warna sablon satuan kaos digital tidak pudar.

3. Beda Desain

Format desain atau gambar yang akan dicetak pada kaos dengan teknik DTF tidak sembarangan. Anda yang gemar mendesain dan ingin meningkatkan kreativitas, cocok memilih teknik satu ini. Mengapa? Sebab, warna solid dan variatif dapat digunakan dengan format file PNG. Sedikit berbeda dengan DTF, teknik DTG dalam segi desain harus berwujud 3D dengan gradasi warna solid.

4. Beda Jenis Tinta

Teknik DTG menggunakan tinta textile Germany, sedangkan DTF ialah tinta Vator Ink DTF yang terdapat basic water base agar head mesin aman dan meningkatkan hasil cetak lebih maksimal dan berkualitas. Keduanya dapat menggunakan warna cerah (warna kuning, warna biru) dan warna gelap (warna hitam, warna cokelat tua).

Alasan Memilih Sablon Kaos Satuan

Setelah Anda berhasil mengetahui jenis teknik sablon kaos digital dan perbedaan antara teknik paling terkenal DTF dan DTG, selanjutnya mengambil langkah untuk memilih sablon kaos satuan. Berikut alasannya:

Perihal Kualitas

Jika Anda membandingkan sablon satuan kaos digital dengan kaos partai, tentu berbeda. Secara kualitas, sablon kaos satuan lebih unggul. Dengan melakukan pemesanan kaos jumlah satuan lebih, akan menjamin hasil kualitas produk daripada pemesanan kaos partai yang mudah terjadi kecacatan pada beberaoa produk. Sangat merugikan, bukan?

Potensi Pasar

Segi pemasaran pun demikian, misalnya produk kaos sablon Anda mempunyai nilai jual tinggi di moment tertentu, maka tidak masalah jika ingin melakukan pemesanan dalam kuantitas besar. Sebaliknya, jika peminatan pasar Anda mudah terkikis trend terbaru, pemesanan sablon kaos satuan bisa jadi pilihan tepat menekan potensi kerugian.

Kenal Lebih Dekat Dengan Abyad Apparel Pro

Sedang menyusun rencana membuka sebuah bisnis sablon kaos digital?

Anda beruntung! Kami perkenalkan tempat produksi clothing brand hingga cetak kaos satuan Jakarta yang berhasil dipercaya oleh banyak brand dan instansi ternama, yakni Abyad apparel pro.

Mengapa Abyad apparel pro?

Menyediakan jasa printing, mulai dari produk kaos polos, sweater, hoodie dengan kualitas bahan premium dan terjamin. SDM berpengalaman pun dikerahkan untuk memaksimalkan hasil produk pakaian memuaskan.

Sehingga, bagi Anda yang ingin mengembangkan brand, Abyad apparel pro siap membantu. Menariknya lagi, terdapat program promo menarik yang sangat menguntungkan bagi bisnis rintisan, seperti memberikan slot 15 brand setiap bulannya untuk mendapatkan free photo product dan semua brand berkesempatan mendapatkan free endorse fashion blogger yang telah terafiliasi dengan Abyad apparel pro.

Apa saja yang layanan Abyad apparel pro?

Selain cetak kaos satuan Jakarta, apparel satu ini menyediakan layanan jasa desain, screen printing, jahit konveksi, jahit semi butik (kebutuhan baju wanita atau jahitam custom), menyediakan berbagai pola pakaian, foto produk, layanan bordir dengan mesin bordir digital, hingga menguatkan brand Anda lewat berbagai macam penawaran branding.

Nah! Jika Anda mulai tertarik merintis bisnis sablon kaos satuan dengan teknik DTF (Digital Transfer Film), pastikan mencari bantuan sablon kaos satuan terdekat dan terpercaya.

Pasti mahal? Tidak dengan Abyad, sablon satuan kaos digital satu ini memberikan harga murah dengan kualitas premium terbaik, bahkan Anda berkesempatan mendapatkan promo menarik!

Jadi, tunggu apalagi? Realisasikan bisnis clothing impian Anda bersama Abyad apparel pro.