Beberapa saat yang lalu dalam pidatonya Bapak Joko widodo Presiden Republik Indonesia pada tannggal 06-04-2020, yang menghimbau untuk menggunakan masker bagi semua warga Indonesiaa yang ingin menjalankan aktivitas di luar rumah. Penggunaan masker tidak hanya bagi orang yang sakit tapi orang yang sehat pun wajib menggunakan masker, dengan catatan saat melaksanakan aktifitas di luar rumah. Hal ini dilakukan dalam rangka sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona,  lantas bagaimana masker yang baik untuk mencegah virus corona ?, masker yang dianjurkan adalah masker tiga lapis.

Seiring dengan perintah pemerintah yang menganjurkan penggunaan masker, namun fakta yang terjadi di pasar masker bedah semakin langka ditemui, kalaupun ada harganya sangat melambung tinggi, bahkan tidak sedikit tenaga medis yang masih kekurangan masker. Hal ini membuat masyarakat menjadi lebih peduli dan membuat inovasi baru dengan memproduksi dan menjualkan masker kain. Namun sekarang yang menjadi pertanyaanya , apakah masker kain dapat mencegah terjadinya infeksi virus corona, ?, yuk simak penjelasannya dibawah ini:

Karena kelangkaan masker bedah, kini banyak menggunakan masker kain,  berikut ada sebuah saran dari Kepala Anestesiologi di Wake Forest aptist Health, yaitu Dr Scott Segal terkait cara memilih kain untuk membuat masker. Scott memberi saran langkah pertama adalah merentangkan kain yang digunakan kemudian menghadap ke arah cahaya, jika cahaya menembus dengan mudah melalui serat kain, bahkan kamu sampai dapat melihat serat-seratnya, itu artinya bahan tersebut tidak bagus untuk masker kain, begitu sebaliknya jika tidak terlalu banyak cahaya yang menembus bahan tersebut layak digunakan sebagai masker kain. Namun secara detailnya belum ada penelitian yang membuktikan bahwaa masker kain efektif untuk melindungi seseorang dari virus Corona. Meski begitu the Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menganjurkan penggunaan masker kain kepada masyarakat luas untuk menekan penyebaran virus Corona.

Meski kemungkinan adanya masker kain tidak 100% mencegah inveksi virus Corona, tapi ini sudah cukup lebih baik dibandingkan tidak menggunakan sama sekali, agar masker tetap aman dan efektif digunakan, coba ikuti beberapa tips dibawah ini:

  1. Pilih masker yang sesuai dengan ukuran wajah dan dapat menutup mulut, hidung, dan dagu Anda.
  2. Cuci tangan sebelum mengenakan masker, lalu kenakan masker pada wajah dan selipkan talinya di belakang telinga atau ikat tali masker di belakang kepala dengan erat agar masker tidak longgar.
  3. Saat masker kain digunakan, hindari menyentuh masker. Jika ingin memperbaiki posisi masker yang berubah atau longgar, cuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh masker kain yang sedang digunakan.
  4. Setelah selesai digunakan, lepaskan masker dengan cara membuka tali pengikat masker di belakang kepala lalu cuci masker kain dengan air panas dan detergen.
  5. Segera ganti masker kain apabila sudah robek atau rusak.

Nah udah tau kan bagaimana cara merawat masker kain, dan tau alasan kenapa harus pakek masker kain, yuk selangkah membantu tenaga medis dan pemerintah dengan rajin menggunakan masker saat keluar rumah. Bingung cari stok masker, atau mau produksi masker buat keluarga, buat kantor, buat disumbangkan, atau mau beli satuan, bisa banget langsung klik website Abyad Apparel Pro, kami membuka jasa produksi masker dan jual masker, atau bisa langsung menghubungi melalui SMS/WA di 081314460770. Tersedia masker tiga lapis yang tengah bisa diisi dengan tisu, dan dijamin harganya sesuai kantong, dan yang pasti ngertiin keadaan kamu banget.