Halo readers, kali ini mimin mau bahas yang masih sering salah faham di kalangan masyarakat luas, terkait dengan kata konveksi, penjahit dan germen. Menurut kamu tiga kata ini sama atau beda sih ? Kalo dilihat dari bunyi katanya sih beda ya…hehhe. Lalu apakah benar mereka punya arti yang sama ? Yuk buktiin bareng sama mimin, biar kamu gak salah faham lagi buat mengartikan konveksi, penjahit dan germen.

Secara sederhana, jika  kita lihat ruang lingkup dari tiga kata ini “konveksi, penjahit dan germen” mempunyai kesamaan. Namun, pada faktanya tiga kata ini mempunyai makna yang berbeda antara satau dan keduanya. Pertama, mimin mau bahas dulu dari kata “konveksi”, jangan gagal fokus ya readers, ini bukan konveksi yang ada di dalam pelajaran IPA yaa. Namun, yang dimaksud konveksi disini adalah tempat pembuatan (produksi) merchandise yang berhubungan dengan kebutuhan sandang atau pakaian. Konveksi ini merupakan industri kecil dengan skala rumah tangga. Terus apa sih yang diproduksi di konveksi ?, jenis produksi yang dikerjakan di jasa konveksi ini antara lain seperti seragam, kemeja, hoodie, kaos, jaket, dan lain-lainnya. Kemudian untuk ukuran baju yang disediakan sesuai dengan pada umumnya seperti ukuran S, M, L, XL, XXL, dan seterusnya. Harga yang disediakan semakin banyak jumlah pesanannya, harganya akan semakin rendah.

Selanjutnya yang Kedua, penjahit, tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan kata penjahit, lalu apa sih arti penjahit itu ?, menurut mimin singkatnya penjahit itu untuk seseorang yang menekuni pekerjaan menjahit. Pada umumnya dari pencarian mimin produk atau jahitan yang dihasilkan penjahit tidak sebanyaak konveksi, karena kebanyakan mereka hanya menerima jahitan dalam jumlah satuan, maka mereka menyesuaikan bentuk dan ukuran sesuai dengan yang memesan jadi tidak menggunakan ukuran yang umum. Karena mereka hanya menerima satuan maka harga yang dipatok pun relatif sedikit tinggi. Maka disinilah keunikan dari penjahit, ia memproduksi pakaian bisa seusai dengan model yang diinginkan konsumen, sesuai dengan ukuran tubuh, limited edition dan jangan lupa sesuaikan dengan penjahit yang pas dan sudah berpengalaman agar mendapat hasil yang memuaskan. Karena layanan jahit sangat mementingkan kualitas jadi jangan sampai salah pilih yaa.

Terakhir yang ketiga,  garmen ini merupakan jasa jahit juga namun skala yang diberikan sudah sekala besar. Bahkan garmen bisa mempunyai karyawan ribuan orang dalam satu kali masa produksi saja. Garmen dapat menyelesaikan ratusan produk yang sama kemudian akan didistribusikan ke beberapa departement store bahkan bisa sampai ekspore ke luar negeri. Diantara dua kategori sebelumnya, jika dilihat pada manajemen produksi garmen diposisi pertama karena sudah sangat tertata rapi dan telah menerapkan metode CMT yaitu cut, make dan trim. Kemudian, setiap divisi tersebut hanya berfokus pada pekerjaan utama masing-masing, misalkan orang yang berada di bidang pemotongan yaa hanya fokus di bagian tersebut saja. Begitu juga pada bagian lain seperti finishing dan penjahitan.

Gimana readers, sudah bisa dibuktikan yaa ternyata ketiga kata ini berbeda secara luas pengertianya. Namun adapun persamaannya sama-sama menggeluti bidang jasa jahit, hanya skala produksinya yang berbeda sudah tentu kualitasnya pun akan berbeda. Ohh ya selain itu mimin mau rekomendasiin buat kunjungin Abyad Apparel Pro, cocok banget nih buat kamu yang mau bikin kemeja seragam, kaos, hodie dan jenis lain untuk dipakai bersama teman-teman atau keluargamu. Abyad Apprel Pro juga bisa jadi partner bisnismu lho, jika kamu ada rencana mau memulai bisnis fashion, jasa jahit, dan jasa sablon. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk ke Abyad Apparel Pro! Silakan hubungi Admin via WhatsApp untuk informasi lebih lanjut ya  081314460770.