fbpx

Hai readers, ketemu lagi sama mimin Abyad Apparel Pro, kali ini mau ngulik yang sekarang sedang gencar-gencarnya di suarakan secara masif, yaitu sustainable fashion. Tentu readers semua sudah pernah dengar kan, yuk simak dibawah ini agar readers semakin faham apa itu sustainable fashion.

            Jika diartikan sesuai dengan katanya menurut kamus Bahasa Inggris kata sustainable fashion diartikan sebagai mode berkelanjutan. Jika dijabarkan lebih mendalam lagi sustainable fashion adalah suatu pola pikir yang mempertimbangkan dampak lingkungan, social, dan ekonomi pada keseluruhan dari daur hidup produk. Dimulai dari tahap produksi, proses produksi, distribusi, dan pascaproduksi. Pasalnya, industri fashion terbukti menjadi salah satu penghasil emisi karbon dunia yang cukup signifikan. Hal ini sudah tentu menjadi tanggung jawab kita bersama,  baik produsen baju maupun kita sebagai konsumen.

            Mulanya gerakan ini awalnya banyak di gaungkan di negara Barat, sampai akhirnya sampai pada penjuru Indonesia. Jadi bisa kita simpulkan tujuan dari adanya gerakan ini adalah untuk menciptakan sesuatu barang dengan lebih memperhatikan lingkungan. Misalnya dimulai dari penggunaan bahan baku yang tidak merusak, menekan jumlah sampah yang dihasilkan dari insustri, dan produksinya lebih terbatas.

            Usaha lain yang bisa kita implementasikan untuk sustainable fashion adalah dengan mendaur ulang pakaian lama, membeli second hand produk sampai dengan clothing swap alias tukar pakai. Lebih mendalam lagi tujuannya selain berorientasi dengan uang, juga bisa memberikan manfaat lebih luas dan berkepanjangan.

            Lantas usaha yang nyata dan kongkrit apa yang bisa kita lakukan ?, berikut ini salah satu development Indonesia Fashion Chamber Yufie Kartaatmadja memberikan lima stategi untuk mendukung sustainable fashion, dilansir dari womentaik. Sebagai berikut:

  1. Memilih bahan yang ramah lingkungan

Memilih bahan yang alami saat produksi, seperti menggunakan bahan tencel, katun, dan linen yang ditanam tanpa pestisida kimia, jadi aman untuk pembuangan akhirnya. Kemudian mulai kurangi penggunaan bahan polyester, nylon, acrylic, dan polymide yang mana bahan ini merupakan bahan plastik yang diproduksi pada pembuatan pakaian, bahan ini akan melepas plastik mikro saat proses pencucian yang kemudian akan mengalir ke air yang berakhir di laut.

  • Reuse recycle repair and upcycle

Limbah fashion dari pakaian yang kita buang juga dapat mencemari lingkungan alasannya karena tidak langsung terurai. Berbeda cerita jika bahan yang digunakan misalkan adalah serat alam seperti tencel yang bersifat biodegradable. Kemudian cara kedua dengan mendaur ulang pakaian dengan teknik upcyle, memperbaiki yang rusak, dan memberikan yang membutuhkan.

  • Minim mendistribusikan energi dan jejak karbon

Maraknya belanja online memang memudahkan konsumen, meminimalisir tenaga, dan cocok sekali dengan kondisi pandemi seperti ini. Namun, pernahkah kita memikirkan efek sampingnya ?, ternyata proses pengiriman paket belanja kita itu juga meninggalkan polusi dan karbon lho, apalagi kalo belanja online kita tergolong sering, maka sudah tidak dapat diakumulasikan berapa banyaknya. Lantas, solusinya bagaimana ?, cara meminimalisirnya, dengan membeli produksi dalam negri dan jika memsan online carilah barengan agar tidak menyisakan polusi.

  • Menggunakan Zero Waste Pattern

Berikut cara yang dapat dilakukan oleh bagaian produsennya, anatara lain memakai pola sampai habis sehingga tidak menyisakan sampah. Bisa juga menggunakan teknik upcycle atau membuat pakaian-pakaian baru dari pakaian-pakaian lama.

  • Memilih baju dengan masa pakai panjang

Readers disini tim mana ? menumpuk cucian atau menyegerakan mencuci pakaian ?. kalo mimin sekarang ini tim menumpuk cucian, ternyata ada manfaatnya menumpuk cucian karena mengurangi limbah air. Kemudian membeli baju dengan kualitas yang bagus sehingga masa pakaiannya akan lebih lama.

Diatas sekilas tengan ngulik mengulik tentang sustainable fashion. Baru-baru ini Ikea juga merilis kaos eftertrada yang juga mengusung tema sustainable fashion. Yuk nantikan tulisan selanjutnya, stay tune terus di website  Abyad Apparel Pro. Kami membuka jasa Desain, produksi kaos, produksi coldwear, polo shirt, totebag, dan jasa semi butik, untuk lebh datailnya silakan buka website Abyad Apparel Pro, atau Silakan hubungi langsung, Admin via WhatsApp untuk informasi lebih lanjut ya  081314460770.